Blog Berisi Syariat agama Islam ,kajian Islam,Sholat,Puasa,Zakat,Qurban Sejarah Nabi,Tafsir Ibnu Katsir,Al Hadist,Berita, dan Lowongan Kerja.

- Cara mengatasi kesepian dalam islam

 

1. Saling Memberi Salam

Mengucapkan salam dan menyapa orang lain, baik yang dikenal maupun tidak dikenal, akan memberikan kesenangan pada diri kita. Senyum yang kita berikan dengan ramah dan tulus ikhlas akan menjadi amal sholeh dan pahala bagi kita.
Dari 'Abdullah bin 'Amr, ada seseorang yang bertanya pada Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam mengenai Islam bagaimana yang baik. Beliau menjawab, "Memberikan makan (pada orang yang membutuhkan), serta mengucapkan salam pada orang yang dikenal dan yang tidak dikenal." (HR. Bukhari No.6236)

2. Menanyakan Kabar

Setelah saling memberi salam, tanyakanlah kabarnya. Apakah dia baik-baik saja, kalau untuk menanyakan kabar lebih baik kepada orang yang kita kenal saja, karena akan aneh jika kita tiba-tiba menanyakan kabar pada orang yang tidak kita kenal.
Dengan menanyakan kabar, kita jadi mengetahui bagaimana kondisinya. Jika dia sedang senang, ucapkanlah Alhamdulillah dan beri selamat kepadanya. Namun ketika ia sedih, berilah penghiburan untuknya.

3. Berkunjung Satu Sama Lain

Berkunjung dapat diartikan sebagai silaturahim. Dengan berkunjung, kita dapat menunjukkan pada teman atau saudara yang kita kunjungi bahwa kita peduli pada mereka. Jadi, dapat saling tolong menolong di kemudian hari.

4. Menemani di Masa Sulit

Ketika kita menemani orang yang sedang kesusahan, orang tersebut akan merasa lebih kuat. Orang yang sedang sedih rawan akan depresi, jadi tugas kita adalah menjaganya agar ia tidak melakukan hal-hal yang tak diinginkan.

5. Sholat Berjamaah

Sering-seringlah shoat berjamaah di masjid, terlebih masjid atau mushola di sekitar rumah kita. Selain pahalanya tinggi, kita juga bisa bertemu tetangga, saling menyapa, menanyakan kabar, hingga memberi support satu sama lain.
Inilah mengapa sosial media bukanlah wadah yang pas untuk menuangkan kesepian dan kesedihan. Lakukanlah hal di atas secara rutin, insyaa Allah kesepian dan kesedihan yang dialami akan berkurang dan hilang.

Wallahu a'lam. Bissowab







Sumber dari
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tiket Pesawat Murah

Tiket Pesawat Murah
Klik Gambar Cari Tiket

TIKET KERETA API MURAH

TIKET KERETA API MURAH
Klik Gambar Untuk Cari Tiket

CARI HOTEL MURAH

CARI HOTEL MURAH
klik Gambar Untuk Cari Hotel

BUS TRAVEL

BUS TRAVEL
Klik Gambar Untuk Cari Bus Travel

Rent Car dan Penjeputan Bandara

Rent Car dan Penjeputan Bandara
Klik Gambar Untuk Mencari

PAKET UMROH

PAKET UMROH
Klik Gambar Umroh Untuk Info Detail

Popular Posts

Hot News

Hadist Tentang Ibadah Udhiyah

عن أبي هريرة رضي اللَّه عنه قال، قال رسول اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : من كان له سِعَةٌ ولم يُضَحِّ فلا يَشهدْ مصلَّانا ...

Recent Posts