Blog Berisi Syariat agama Islam ,kajian Islam,Sholat,Puasa,Zakat,Qurban Sejarah Nabi,Tafsir Ibnu Katsir,Al Hadist,Berita, dan Lowongan Kerja.

Masjid Darus Salam Palu, Retak-retak Tapi Tetap Salurkan Bantuan ke Warga

Illustrasi Masjid Darussalam Palu.

Gempa Palu menyisakan segudang cerita. Seorang bapak tua tiba-tiba datang dengan bersamangat. Dengan jubah panjang dan peci putih, dia duduk di atas motor yang masih menyala, sambil berujar, “Ini saya mau salurkan (sembako) ke sana (komplek permukiman).”

Komplek permukiman berada di belakang Masjid Darus Salam, Kelurahan Tatura Kota Palu. Meski ada beberapa bagian yang retak, masjid tetap berdiri kokoh. Bahkan hingga 7 hari pasca gempa, air di masjid masih bisa digunakan untuk aktivitas warga sekitar.
Bapak Sabir, begitulah ia mengungkap nama. Kiblat.net, berkesempatan duduk di belakang motornya untuk secara langsung melihat pembagian sembako.
“Inj coba lihat, masih kekurangan semua ini. Kami akan bikin posko, tenda-tenda,” ujarnya Sabtu (06/10/2018). Tampak lokasi yang ditunjukkan berjajar rumah warga yang rapat di gang masuk. Beberapa mendirikan tenda meski di halaman yang sempit.
“Ada sekitar 1.500 KK di sini, datanya saya catat. Masjid memberikan bantuan dari sumbangan jamaah,” tambah Sabir, yang juga seorang pengurus masjid.

Dia kemudian bercerita tentang kepanikan warga pasca gempa terjadi. Hanya sedikit bantuan yang datang. Dari Korem hanya bertahan tidak sampai empat hari.
“1.500 KK dikasih 150 kg beras. Bayangkan. Kemarin ada bantuan (dari luar) datang, warga berebut, mau baku tikam. Saya bisa jadi saksinya. Ini soal perut,” ungkapnya.



Dari sini, Sabri berinisiatif untuk memberikan bantuan sendiri bersama pengurus masjid yang lain. Tidak terlihat penampakan lelah dari matanya, gang demi gang ia susuri dengan motor untuk membagi dan mengontrol bantuan untuk warga yang mengungsi.
“Saya tidak berpikir dari mana saja bantuan yang mampir ke masjid, selama masih ada, saya akan terus salurkan ke mereka,” tegasnya.

Diketahui, gempa bumi dengan skala 7,4 SR mengguncang wilayah Palu dan sekitarnya. Gempa lalu diikuti tsunami dan likuafaksi yang memakan ribuan korban jiwa.

sumber www.kiblat.net

Baca juga Ketika gempa terjadi maka-amal apa yang harus diperbanyak...?
Baca Juga Suasana Shalat jumat pertama di sigi pasca gempa





Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tiket Pesawat Murah

Tiket Pesawat Murah
Klik Gambar Cari Tiket

TIKET KERETA API MURAH

TIKET KERETA API MURAH
Klik Gambar Untuk Cari Tiket

CARI HOTEL MURAH

CARI HOTEL MURAH
klik Gambar Untuk Cari Hotel

BUS TRAVEL

BUS TRAVEL
Klik Gambar Untuk Cari Bus Travel

Rent Car dan Penjeputan Bandara

Rent Car dan Penjeputan Bandara
Klik Gambar Untuk Mencari

PAKET UMROH

PAKET UMROH
Klik Gambar Umroh Untuk Info Detail

Popular Posts

Hot News

Hadist Tentang Ibadah Udhiyah

عن أبي هريرة رضي اللَّه عنه قال، قال رسول اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : من كان له سِعَةٌ ولم يُضَحِّ فلا يَشهدْ مصلَّانا ...

Recent Posts