Blog Berisi Syariat agama Islam ,kajian Islam,Sholat,Puasa,Zakat,Qurban Sejarah Nabi,Tafsir Ibnu Katsir,Al Hadist,Berita, dan Lowongan Kerja.

Makna Taqwa Menurut Imam Ali RA.



Setiap kali kita mendengar Khutbah Jumat, Khotib selalu mengajak dan menyeru : marilah kita bertaqwa kepada Allah, marilah kita tingkatkan kualitas taqwa kita kepada Allah. 

Apakah seruan ini  sudah benar-benar kita laksanakan, kita wujudkan, kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari ? 

Apakah kita termasuk golongan, orang-orang yang memperoleh derajat taqwa ?

Untuk lebih memantapkan lagi taqwa kita kepada Allah, Khotib akan menyampaikan pembahasan tentang makna taqwa, ciri-ciri orang taqwa  dan keutamaan-keutamaan taqwa.
Pada kesempatan yang mulia ini khotib akan menyampaikan tentang makna taqwa kepada Allah SWT
Sayyidina  Ali Karromallohu Wajhah  berkata,

اَلتَّقْوَى: الخوف من الجليل والعمل بالتنزيل والقناعة بالقليل والإستعداد ليوم الرحيل

Bahwa Takwa adalah takut kepada Allah yang bersifat Jalal, dan beramal dengan dasar Al Qur’an (At Tanjil), dan menerima (Qona’ah) terhadap yang sedikit dan bersiap-siap menghadapi hari akhir  (hari perpindahan)
Dari pengertian taqwa menurut Sayyidina  Ali Karromallohu Wajhah itu  mengandung makna, antara lain :

Baca Juga Tafsir Surat Al Insyiroth Surat ke 94 ( Alam Nashrokh ) 

Pertama : Al Khaufu Minal Jalil

Yaitu takut kepada Allah yang bersifat Jalal. Takut yang disertai rasa cinta kepada Allah (Mahabatullah), Takut yang melahirkan kehati-hatian, kewaspadaan dan perlindungan diri dari murka dan azab Allah; takut meninggalkan sholat, takut kalau berbuat jahat, takut melakukan maksiat, takut melupakan akhirat, takut melupakan taubat, takut banyak membuka aurat, takut suka mengumbar syahwat, Inilah takut-takut yang akan menyelamatkan kita, yang akan menjaga harkat, derajat dan martabat kita, yang akan menjaga kemuliaan dan kehormatan kita.

Oleh karena itu mari kita tanamkan, benamkan, hujamkan perasaan takut (khauf) kepada Allah dalam diri kita.

Allah SWT berfirman dalam QS : Al Imran Ayat 175

إِنَّمَا ذَٲلِكُمُ ٱلشَّيۡطَـٰنُ يُخَوِّفُ أَوۡلِيَآءَهُ ۥ فَلَا تَخَافُوهُمۡ وَخَافُونِ إِن كُنتُم مُّؤۡمِنِينَ (١٧٥

  1. Sesungguhnya mereka itu tidak lain hanyalah syaitan yang menakut-nakuti (kamu) dengan kawan-kawannya (orang-orang musyrik Quraisy), karena itu janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepadaKu, jika kamu benar-benar orang yang beriman.
Kedua : Al Amalu Bit Tanzil

Yaitu beramal dengan dasar Al Qur’an (At Tanzil). Orang bertaqwa akan sungguh-sungguh dalam beribadah, berbakti, berserah diri,  beramal sholeh yang didasari oleh Al Qur’an dan Hadits, karena orang bertaqwa khawatir, takut (khauf) kalau amal ibadahnya tidak diterima, tidak dibalas, ditolak oleh Allah.
 Allah SWT berfirman dalam QS : Al Furqon : 23

وَقَدِمۡنَآ إِلَىٰ مَا عَمِلُواْ مِنۡ عَمَلٍ۬ فَجَعَلۡنَـٰهُ هَبَآءً۬ مَّنثُورًا (٢٣

  1. dan Kami hadapi segala amal yang mereka kerjakan, lalu Kami jadikan amal itu (bagaikan) debu yang berterbangan.
Orang bertaqwa menjadikan Al Qur’an sebagai pegangan, pedoman, petunjuk, dalam bersikap, bertindak dan bertingkahlaku dalam kehidupan sehari-hari. Al Qur’an adalah Kalamullah, Nurullah, cahaya Allah yang akan menerangi hati kita dari gelapnya dosa, dan yang akan menerangi alam kubur kita, kalau kita rajin membacanya. Ayat demi ayat Al Qur’an yang kita baca adalah hidayah, maghfirah dan ma’rifatullah. Mari kita biasakan membaca, memahami dan mengamalkan Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari

Ketiga : Al Qona’atu Bil Qolil

Yaitu menerima (Qona’ah) terhadap yang sedikit. Orang bertaqwa akan selalu  merasa cukup dengan rizki yang sedikit, sesungguhnya orang yang memiliki rizki yang sedikit dan merasa cukup dengan rizki tersebut adalah bukti sekaligus tanda bahwa orang itu dicintai oleh Allah SWT.

Sebagaimana yang disabdakan Rosululah SAW :
“Bahwa jika Allah mencintai seseorang hamba, ia akan memberikan rizki yang pas-pasan kepadanya”.

Pas-pasan berarti tidak memiliki kelebihan selain untuk menutupi kebutuhan pokoknya. Hamba yang hidup pas-pasan, hidupnya sederhana, tidak berlebihan, tidak bergaya hidup mewah, hidup serba ‘wah’, glamour, at takatsur.
Qona’ah, menerima apa adanya, merasa cukup dengan pemberian rizki dari Allah. Rizki itu bukan hanya uang atau materi saja, tetapi segala karunia yang telah Allah karunialimpahcurahkan kepada kita, antara lain kesehatan, kecerdasan, kekayaan, kedudukan, pangkat dan jabatan itulah rizki.

Keempat : Al Isti’dadu Li Yaumir Rakhil

Yaitu bersiap-siap menghadapi hari akhir (hari perpindahan). Orang bertaqwa selalu mempersiapkan diri menghadapi hari akhir, yaitu hari perpindahan dari alam dunia ke alam kubur lalu ke alam akhirat, artinya segala amal orang yang bertaqwa senantiasa dalam rangka menyiapkan diri akan hadirnya hari kematian, yaitu hari keberangkatan dari alam dunia menuju alam akhirat.

Suatu ketika Rasulullah ditanya oleh para sahabat : “Ya Rasulullah;  Siapakah manusia yang paling cerdas dan paling mulia dihadapan Allah ?” Beliau menjawab : “Manusia yang paling cerdas dan paling mulia dihadapan Allah  adalah manusia yang paling banyak mengingat kematian dan paling semangat mempersiapkan diri menghadapinya.”
Oleh karena itu orang yang mengingat mati, hidupnya akan hati-hati, waspada dan tidak akan mudah terjerumus dalam kubangan dosa. Itulah orang yang cerdas dan berkulitas

Mudah-mudahan kita semua termasuk orang-orang yang bertaqwa, taqwa yang sebenar-benarnya, taqwa yang tidak hanya di bibir saja, atau hanya kata-kata belaka yang tak bermakna, tapi taqwa yang menyatukan  satunya lisan dengan perbuatan, satunya ucapan dengan tindakan, satunya kata dengan praktika, satunya dakwah dengan lampah, satunya ucap dengan sikap dan satunya teori dengan manifestasi.

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ، وَتَقَبَلَّ اللهُ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ، إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ.



Tiket Pesawat Lebih Murah dari agen lain bisa cross check dengan Agen Lain
 Wow....,Bayarnya Mudah, Klik Gambar Untuk Cari Tiket 

www.tiketku.co.id/tiket-kereta 
 Klik Gambar Untuk Cari Tiket  Kereta




 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tiket Pesawat Murah

Tiket Pesawat Murah
Klik Gambar Cari Tiket

TIKET KERETA API MURAH

TIKET KERETA API MURAH
Klik Gambar Untuk Cari Tiket

CARI HOTEL MURAH

CARI HOTEL MURAH
klik Gambar Untuk Cari Hotel

BUS TRAVEL

BUS TRAVEL
Klik Gambar Untuk Cari Bus Travel

Rent Car dan Penjeputan Bandara

Rent Car dan Penjeputan Bandara
Klik Gambar Untuk Mencari

PAKET UMROH

PAKET UMROH
Klik Gambar Umroh Untuk Info Detail

Popular Posts

Hot News

Hadist Tentang Ibadah Udhiyah

عن أبي هريرة رضي اللَّه عنه قال، قال رسول اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : من كان له سِعَةٌ ولم يُضَحِّ فلا يَشهدْ مصلَّانا ...

Recent Posts